MEMAKAI KAIN IHROM DI PESAWAT

Sebagian jamaah umroh atau haji yang penerbangannya dari Jakarta – Jeddah tanpa transit pesawatnya akan melewati Miqot, atau jamaah umroh tersebut akan melewati Miqotnya ketika dia masih di pesawat.

Miqot yang akan dilewati adalah Yalamlam. Miqot Indonesia sama dengan Miqot ahlul Yaman yaitu Yalamlam namanya

Pesawat yang langsung jakarta menuju Jeddah itu ada yang melewati Miqot Yalamlam. Lalu bagaimana seorang jamaah haji atau umrah yang seperti ini kondisinya, bukan Jakarta Madinah, kalau Jakarta Madinah dia akan menggunakan Miqotnya Miqot penduduk Madinah yaitu Dzulhulaifah (Bir Ali)

Maka diwajibkan jamaah umrah untuk bersiap-siap dan tentu juga akan diumumkan oleh pihak pesawat bahwa 20 menit lagi atau 30 menit lagi kita akan melewati Miqot. Di saat itu siap-siap dia memakai kain ihrom, namun pada prakteknya menggunakan atau mengenakan kain ihrom di pesawat itu sulit karena posisi yang seperti itu. Maka dibolehkan seorang memakai kain ihram sejak di Jakarta.

Kalau pesawatnya transit misalkan transit di beberapa negara sebelum memasuki saudi Transit di Emirat atau transit di Kuwait atau transit di Qatar atau transit di Oman maka boleh dipakai saat transit di bandara sana, di toiletnya dipakai kain ihromnya. Namun belum berniat, karena niat itu mulai pada saat tiba di Miqot.

ketika dia memakai kain ihrom sejak di bandara di itu lebih memudahkan saat telah diumumkan bahwa posisi pesawat sekarang berada persis di atas Miqot maka di situ dia mengucapkan niatnya dengan mengucapkan Labbaik Allahumma Umratan dan segala yang menutupi kepala seperti peci wajib dilepas

Untuk kaum wanita ihromnya adalah terletak pada wajah dan telapak tangannya, hal ini sebagaimana hadits Abdillah ibni Umar muttafaqun ‘alaihi :

وَلاَ تَنْتَقِبِ الْمَرْأَةُ الْمُحْرِمَةُ وَلاَ تَلْبَسِ الْقُفَّازَيْنِ

“Seorang wanita yang sedang muhrimah (sedang dalam keadaan ihrom) tidak menggunakan Niqob (yaitu cadar) dan tidak boleh menggunakan sarung tangan.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Begitu juga kalau dia berada di pesawat dia wajib melepas cadarnya dan melepas kedua sarung tangannya.